Phone :

0760-561627

E-Mail :

admin@bappedalitbang.kuansing.go.id

UNTUK MEMPEROLEH SARAN DAN MASUKAN PEMANGKU KEPENTINGAN, BAPPEDALITBANG ADAKAN FKP RANWAL RKPD TAHUN 2021

Teluk Kuantan (3/02/2020) Sebagaimana diamanatkan dalam Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 dalam Pasal 80 ayat (1) bahwa "penyusunan Rancangan Awal RKPD dlbahas dengan Kepala Perangkat Daerah dan pemangku kepentingan dalam Forum Konsultasi Publlk untuk memperoleh masukan dan saran" untuk memenuhi ketentuan tersebut Bappedalitbang Kabupaten Kuantan Singingi mengadakan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Tahun 2021 yang dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kuantan Singingi untuk mendapatkan masukan dan saran dari seluruh Pemangku Kcpcntingan di daerah ini" demikian disampaikan Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Pembangunan Daerah Hendra Rosa, S. Si dalam laporan panitia pelaksana FKP ini.


Dalam paparan Kepala Bappedalitbang terhadap Ranwal RKPD Kabupaten Kuantan Singingi disampaikan secara sistematis : Tahapan Penyusunan RKPD Tahun 2021, Aspek Geografis dan Demografis, lndikator Makro (Pertumbuhan Ekonomi, Tingkat Kemiskinan, Indeks Pembangunan Manusia dan Tingkat Pengangguran Terbuka), Sasaran dan Prioritas Pembangunan Daerah Tahun 2021 dan Kapasitas Riil Kemampuan Keuangan Daerah dalam membiayai kebutuhan pembangunan." Kalau kita perhatikan secara umum dari indikator makro Kabupaten Kuantan Singingi dapat kita lihat cenderung terus mengalami perbaikan dari tahun ke tahun, contoh pertumbuhan ekonomi tahun 2018 capaiannya sebesar 4,48% sedangkan tahun 2019 mencapai 4,52%" terang kepala Bappedalitbang Ir. H. Maisir.


Dengan memperhatikan kontribusi setiap sektor perekonomian, yang memberikan kontribusi terbesar adalah sektor Pertanian, Kehutanan dan Perikanan sebesar 48,36% dari sektor ini sub sektor yang memberi kontribusi terbesar adalah sub sektor Perkebunan Tahunan sebesar 33,02%, artinya kedepan dengan potensi dan kondisi daerah ini akan kita optimalkan peningkatan perekonomian daerah berbasis pertanian secara umum dengan melakukan beberapa kebijakan diantaranya dengan memberikan bantuan bibit dan pupuk kepada petani" papar Ir. H. Maisir secara rinci.


Selanjutnya, tahun 2021 merupakan pelaksanaan tahun kelima (terakhir) RPJMD Kabupaten Kuantan Singingi Tahun 2016-2021, kita ingin setiap misi dan fokus penyelenggaraan pemerintahan menguraikan permasalahan yang dihadapi dan mestinya kegiatan setiap Perangkat Daerah menjawab permasalahan tersebut, sehingga kita berharap visi Kabupaten Kuantan Singingi yaitu : "Terwujudnya Kabupaten Kuantan Singingi yang Unggul, Sejahtera dan Agamis di Provinsi Riau Tahun 2021" mampu kita capai tentu dengan indikator-indikator yang sudah ditentukan" urai Beliau dalam Forum yang dihadiri sekitar 160 Peserta ini.


Terakhir, kepada seluruh pemangku kepentingan diharapkan saran dan masukannnya terhadap Ranwal RKPD kita ini, saran dan masukan dari Bapak­Bapak dan Ibu-Ibu sekalian akan menjadi pedoman bagi kami dalam penyempurnaan Ranwal Renja Perangkat Daerah dan Ranwal RKPD Kabupaten Kuantan Singingi Tahun 2021, semoga kita kedepan lebih baik dan lebih kompak dalam bersinergi dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah ini " tutup Ir. H. Maisir dengan semangat.

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom isian yang wajib diisi ditandai *