Phone :

0760-561627

E-Mail :

admin@bappedalitbang.kuansing.go.id

KEPALA BAPPEDALITBANG, IKUTI RAPAT PEMBAHASAN PRIORITAS PEMBANGUNAN PROVINSI RIAU DAN PERUMUSAN TARGET INDIKATOR MAKRO KAB/KOTA SE PROVINSI RIAU

          Tahun 2021 merupakan tahun kedua Pelaksanaan Visi dan Misi Gubernur Riau Tahun 2019-2023, Dalam upaya mewujudkan Visi dan Misi Gubernur Riau sebagaimana yang tertuang dalam RPJMD, maka dilaksanakan Rapat Pembahasan bersama Kabupaten/Kota se Provinsi Riau untuk menjabarkan secara nyata dalam bentuk program/kegiatan yang terdapat di Perangkat Daerah Provinsi Riau maupun melalui Bantuan Keuangan (Bankeu) Provinsi untuk Kabupaten/Kota. Pada tahun 2021 akan dilaksanakan Pekan Olahraga Provinsi Riau di Kabupaten Kuantan Singingi berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Riau, hingga saat ini belum secara jelas terkait pembiayaan pelaksanaan Porprov maupun pembangunan sarana dan prasarana pendukungnya yang sumber pembiayaannya dari APBD Provinsi Riau" demikian disampaikan Kepala Bappedalitbang Kabupaten Kuantan Singingi Ir. H. Maisir yang didampingi Kepala Sub Bidang Perencanaan dan Pendanaan Sujarwadi, SE pada Rapat yang dipimpin oleh Sekretaris Bappeda Provinsi Riau Purnama, S.Hut. Menjawab itu Pemerintah Provinsi Riau menyampaikan bahwa seluruh usulan dalam bentuk proposal dari Kabupaten Kuantan Singingi terkait Porprov ini sudah diterima dan sudah dilakukan verifikasi dan selanjutnya akan dimasukkan menjadi prioritas Provinsi Riau Tahun 2021 sesuai dengan arahan dan petunjuk Gubernur Riau.

          Lebih lanjut Kepala Bappedalitbang untuk mendukung capaian visi dan misi Gubernur, khususnya yang berkaitan dengan tema pembangunan Provinsi Riau Tahun 2021 yaitu : Memantapkan pengembangan industri, pertanian, pariwisata yang mendorong perdagangan dan jasa untuk meningkatkan daya saing ekonomi, Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi sangat siap, baik kegiatan Perangkat Daerah Provinsi yang lokasinya di Kabupaten Kuantan Singingi maupun pembiayaan kegiatan melalui mekanisme Bankeu Provinsi Riau. Untuk keselarasan pembangunan baik dengan tingkat nasional maupun provinsi, maka Bappedalitbang dalam proses penyusunan perencanaan tahunan akan memperhatikan hal tersebut untuk menjaga kesinambungan dan keselarasan pambangunan pusat-daerah.

          Terkait target indikator makro untuk Kabupaten Kuantan Singingi tahun 2021 sebagaimana dicantumkan dalam dokumen RPJMD Provinsi Riau yaitu : Pertumbuhan Ekonomi sebesar 5,04% dengan capaian tahun 2019 sebesar 4,52%, Tingkat kemiskinan 8,33% dengan capaian tahun 2019 sebesar 9,32%, Tingkat Pengangguran Terbuka 4,85% dengan capaian tahun 2019 sebesar 4,88%, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 70,50 dengan capaian tahun 2019 sebesar 70,14. Untuk target makro untuk Kabupaten Kuantan Singingi pada prinsipnya kami setuju, namun tentunya dengan harapan banyaknya kegiatan penopang dari Provinsi Riau untuk Kabupaten Kuantan Singingi "Harap Kepala Bappedalitbang.

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom isian yang wajib diisi ditandai *