Phone :

0760-561627

E-Mail :

admin@bappedalitbang.kuansing.go.id

BUKA MUSRENBANG RKPD KABUPATEN, BUPATI : SAYA AKAN PASTIKAN SELURUH PROGRAM DAN KEGIATAN YANG DISUSUN OLEH PERANGKAT DAERAH BERPIHAK PADA MASYARAKAT

Teluk Kuantan - Bupati Kuantan Singingi, Drs. H. Mursini, M. Si membuka secara resmi Musrenbang RKPD Kabupaten Kuantan Singingi Tahun 2020, dihadiri oleh Supriadi, S. Hut, MT Sekretaris Bappeda Provinsi Riau mewakili Gubernur Riau beserta seluruh pemangku kepentingan, yaitu : Forkopimda, Anggota DPRD Provinsi Riau asal Kuansing, Anggota DPRD Kabupaten Kuantan Singingi, Perangkat Daerah, Camat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, LSM/Ormas, Seluruh KepalaDesa, BPD dan nara sumber dari Pemerintah Provinsi Riau dari Dinas Pariwisata Provinsi Riau dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Riau.

Dalam laporan pelaksanaan kegiatan Kepala Bappedalitbang Kabupaten Kuantan Singingi, Ir. H. Maisir, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten Kuantan Singingi Tahun 2020 merupakan rangkaian tahapan penyusunan RKPD Kabupaten Kuantan Singingi Tahun 2020 sebagai salah satu proses partisipatif seluruh pemangku kepentingan untuk menyampaikan saran dan masukan terhadap rancangan RKPD yang sedang disusun oleh Bappedalitbang.

Selanjutnya kepada Bupati Kuantan Singingi agar memberikan sambutan dan arahan serta membuka secara resmi kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten Kuantan Singingi Tahun 2020, kemudian kepada narasumber agar melakukan ekspos dan diskusi bersama peserta Musrenbang yang akan dipimpin langsung oleh Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Kuantan Singingi, Dr. H. Dianto Mampanini, SE, MT.

Bupati Kuantan Singingi dalam arahannya menyampaikan bahwa Musrenbang yang kita laksanakan pada hari ini merupakan proses penyusunan berbagai program dan kegiatan dalam pelaksanaan tahun ke-empat RPJMD Kabupaten Kuantan Singingi tahun 2016-2021.  Dalam kaitannya dengan itu saya meminta kepada seluruh Perangkat Daerah untuk melakukan evaluasi pelaksanaan Rencana Strategis Perangkat Daerah, setiap Perangkat Daerah harus tahu mana yang sudah dilaksanakan dan mana perlu dikejar dan diusulkan dalam RKPD tahun 2020 dalam rangka mewujudkan visi dan misi kabupaten kuantan singingi tahun 2016-2021, tentunya dengan berbasis data dan informasi yang dapat saudara jelaskan.

Selanjutnya Bupati menekankan bahwa pelaksanaan Musrenbang hari ini, merupakan simpul akumulasi dari kegiatan perencanaan yang telah dilaksanakan di tingkat desa/kelurahan dan di tingkat kecamatan yang disinkronisasikan dengan perencanaan perangkat daerah kabupaten kuantan singingi serta berbagai aspirasi dari masyarakat yang selanjutnya akan menjadi bahan penyempurnaan terhadap Rancangan RKPD Kabupaten Kuantan Singingi tahun 2020. Pelaksanaan Musrenbang ini bertujuan untuk mendapatkan saran dan masukan, sinkronisasi program dan kegiatan prioritas pembangunan yang memerlukan dukungan pendanaan baik yang bersumber dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi Riau Maupun APBN, disamping itu, diharapkan pelaksanaan Musrenbang ini menjadi media interaktif bagi segenap pemangku kepentingan untuk menetapkan program dan kegiatan serta rekomendasi kebijakan guna mendukung implementasi program/kegiatan tahun anggaran berikutnya. Perencanaan pembangunan yang berkualitas, transparan dan akuntabel menjadi tolok ukur akuntabilitas,profesionalisme dan bobot pelayanan publik dewasa ini. Sebab, perencanaan pembangunan yang tidak transparan dan akuntabel akan menimbulkan citra yang “negatif” terhadap kualitas pelayanan aparatur pemerintah. Disinilah hakekat dan arti penting dari Musrenbang.

Sedangkan RKPD Kabupaten Kuantan Singingi Tahun 2020 mengambil tema “Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat, Pemantapan Infrastruktur, Pemantapan Aparatur Pemerintahan, Peningkatan Ekonomi Dan Kesejahteraan Rakyat”.

Bupati menegaskan bahwa kepada Perangkat Daerah dalam penyempurnaan Rencana Kerja Perangkat Daerah juga agar dimplementasikan dengan dokumen perencanaan akuntabilitas yang sedang disusun, sehingga dapat dilakukan efektifitas dan efisiensi dalam pelaksanaan program dan kegiatan yang akan berdampak pada belanja langsung yang bersentuhan dengan masyarakat, dapat kita tingkatkan. Selanjutnya, perhatikan indikator dan target kinerja pada tahun 2020 dalam menyusun program dan kegiatan pada setiap Perangkat Daerah.Bupati bersama Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah akan cek satu-persatu program dan kegiatan yang telah disusun oleh setiap perangkat daerah, beliau akan pastikan bahwa rencana program dan kegiatan yang susun menjawab masalah yang sedang dialami oleh masyarakat dan semuanya mengarah pada pencapaian Visi Dan Misi Kabupaten Kuantan Singingi tahun 2016-2021.

Kepada pihak Pemerintah Provinsi Riau melalui Bappeda Provinsi Riau, Bupati berharap agar Kabupaten Kuantan Singingi dengan APBD yang relatif paling kecil di Provinsi Riau dengan semangat membangun yang luar biasa dan tengah bergeliat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dibutuhkan anggaran yang tidak sedikit, pada kesempatan ini Bupati menyampaikan secara khusus agar Pemerintah Provinsi Riau lebih banyak lagi melaksanakan kegiatan pembangunan di Kabupaten Kuantan Singingi, baik melalui bantuan keuangan Pemerintah Provinsi Riau maupun kegiatan pembangunan Perangkat Daerah Provinsi Riau yang berlokasi di Kabupaten Kuantan Singingi.

Dalam ekspos oleh Narasumber dari Pemerintah Provinsi Riau disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Fahmizal, ST, M. Si bahwa Kabupaten Kuantan Singingi dengan potensi Pariwisata yang sangat luarbiasa, tinggal lagi pengelolaan dan pengembangannya yang dapat di fasilitasi oleh Pemerintah Daerah, beliau menyarankan secara khusus kepada Bupati Kuantan Singingi untuk membentuk tim terpadu percepatan pembangunan Pariwisata Kabupaten Kuantan Singingi yang dipimpin langsung oleh Bupati.

Sekretaris Bappeda sebagai narasumber menyampaikan apresiasi bahwa tata kelola pemerintahan Kabupaten Kuantan Singingi mengalami kemajuan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir, hal ini diindikasikan dengan nilai SAKIP Kabupaten Kuantan Singingi tahun 2018 memperoleh predikat “B”. kemudian, secara makro tidak terdapat permasalahan terhadap capaian Kabupaten Kuantan Singingi, beliau mengharapkan akan dilakukan sinkronisasi terhadap arah kebijakan pembangunan tahunan dengan Pemerintah Provinsi Riau, agar Kabupaten Kuantan Singingi bisa mendapatkan porsi anggaran yang lebih besar dari Provinsi Riau sesuai dengan arahan Bapak Gubernur Riau, Drs. H. Syamsuar, M.Si.

Narasumber berikutnya dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Riau menyampaikan bahwa terhadap kewenangan Provinsi Riau dalam pembangunan infrastruktur di Kabupaten Kuantan Singingi sesuai dengan visi dan misi Gubernur Riau Tahun 2019-2024 mengarah kepada peningkatan konektivitas setiap daerah di Provinsi Riau, sementara itu setiap tahunnya pembangunan infrastruktur di Kabupaten Kuantan Singingi yang dilakukan oleh Provinsi Riau terus mengalami kenaikan, ini merupakan bukti komitmen Pemerintah Provinsi Riau dalam rangka peningkatan infrastruktur secara merata dalam upaya meingkatkan perekonomian masyarakat Riau secara menyeluruh.

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom isian yang wajib diisi ditandai *